etdc

Sebanyak 3 orang Dosen FKIP Unismuh yakni Ardiana, Nurazmi, dan Ariana Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tajuk Pengembangan Digital Assessment sebagai upaya peningkatan kompetensi mengajar guru di MTs Muhammadiyah Mandalle, Kec. Bajeng Barat, Kab.Gowa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Mandalle, Kab.Gowa selama 2 hari dari tanggal 27-28 September 2021.

Ardiana selaku ketua tim menjelaskan bahwa pada kegiatan pengabdian ini peserta yang merupakan guru-guru diperkenalkan berbagai aplikasi digital yang dapat digunakan untuk mengembangkan formative assessment.

“Kami perkenalkan aplikasi Kahoot, Quizziz dan Quizlet yang dapat digunakan dalam pembelajaran sinkron maupun asinkron” terang Ardiana.

Kegiatan yang didanai oleh Unismuh Makassar melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Tahun Anggaran 2021 ini merupakan pendampingan pengembangan formative assessment dengan menggunakan aplikasi Kahoot, Quizziz, dan Quizlet yang dapat digunakan dalam pembelajaran sinkron maupun asinkron.

Kemudian, Kepala sekolah MTs Muhammadiyah Mandalle, St. Salmiah, S.Pd. sangat bersyukur sekolahnya terpilih sebagai lokasi pengabdian. Beliau berharap ilmu yang didapatkan melalui kegiatan pelatihan ini bisa dimanfaatkan oleh para guru dalam proses pembelajarannya, terutama karena asesmen berbasis aplikasi website yang diberikan pada pelatihan ini sangat relevan dengan dunia pendidikan zaman sekarang yang menuntut integrasi teknologi di dalam setiap proses pembelajaran.

Selain melibatkan dosen, kegiatan ini juga mengikutkan 2 mahasiswa Unismuh sebagai tim pengabdian.
Ardiana berharap kolaborasi dosen dan mahasiswa seperti ini dapat memberi kontribusi maksimal perguruan tinggi kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *