Tim Matching Fund Universitas Muhammadiyah Makassar

Sungguminasa, 9 Desember 2022

Program kolaborasi antara Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa dengan Tim Matching Fund Unismuh Makassar mengusung topik “Implementasi Alat Teknologi Tepat Guna pada Budidaya Kentang untuk Meningkatkan Efisiensi, Kualitas dan Produktivitas Kentang di Kabupaten Gowa”.

Rekacipta yang dikembangkan adalah teknologi tepat guna yang dirancang berdasarkan problem statement yang ada pada kegiatan budidaya kentang di Desa Kanreapia. Pengimplementasian alat TTG sederhana berupa rolling plantation, justice cart dan super claw menjadi inovasi yang unggul, praktis, tepat guna dan tepat sasaran.

Inovasi alat budidaya melalui penyederhanaan prinsip kerja mesin menjadikan tingkat kesiapterapan teknologi dengan mudah dapat diadopsi dan dikomersialisasikan untuk dapat dimanfaatkan secara luas oleh petani, mitra (Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura) dan Industri peralatan pertanian.

Kegiatan desiminasi yang dilaksanakan pada jumat, 9 Desember 2022 di Balai Diklat Kabupaten Gowa, juga dirangkaikan dengan penyerahan Alat Rolling Plantationt, Justice Cart dan Super Claw secara simbolik dari Dinas TPH Kab. Gowa.

Alat yang diserahkan masing-masing sebanyak 10unit rangkaian alat budidaya kentang. Alat yang diserahkan pada Tim Matching Fund Unismuh Makassar nantinya akan digunakan secara meluas dengan melibatkan mahasiswa dan penyuluh untuk proses pendampingan teknik budidaya kentang pada beberapa daerah penghasil kentang lainnya di Kabupaten Gowa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *