pendidikan

Hari dan bulan istimewa, Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia tanpa akselerasi pendidikan maka kita akan kembali ke rimba belantara, olehnya itu bangsa ini harus cepat berbenah dalam menciptakan atmosfer pendidikan yang lebih maju dan berkeadilan jika tidak ingin terhempas ke pojok belakang ( tidak maju ) ditengah derasnya gelombang Era Disrupsi/Digitalisasi yang menjjelma menjadi sesuatu yang menakutkan.

Jepang adalah salah satu negara paling cepat bangkit dan menjadi GURU MODERNIS dan peradaban paling maju didunia, Padahal Jepang pernah mengalami devastated pada masa perang dunia kedua dimana bom Nagasaki/Hirosima, negeri itu hancur secara ngeri.

Kebangkitan Jepang adalah induk dari perjuangan bangsa-bangsa lain dimana Jepang telah memberi bukti dengan hadirnya trobosan-trobosan yang terealisasi dengan baik, disini kita bisa menerjemah bahwa betapa pentingnya pendidikan itu sendiri, Jepang mampu menguasai pasar global dengan produk teknologi yang mumpuni/kualitas terbaik, bahkan negara ini mampu mengalahkan beberapa negara eropa dan amerika lainnya, padahal secara geografis Jepang adalah negara kecil yang hanya sepertiga besarnya dari pulau di Indonesia.

Tapi cara mereka meramu pendidikan mampu menjangkau konsep pendidikan secara global. Apa kunci dari kebangkitan pendidikan di Jepang..?? Sekiranya saya bisa berpendapat bahwa mereka: menghargai waktu, disiplin, giat belajar, berani mencoba dan mengambil resiko.

Lalu bagaimana dengan Indonesia..?? Kita ini punya PR cukup besar untuk melakukan restorasi dan mereformis sektor pendidikan kita,. Melalui konsep MERDEKA BELAJAR dimana siswa harus berpacu dalam kompetensi dan meransang kognitifitas siswa dalam analisis serta pemetaan masalah yang di hadapi, siswa harus berpikir kritis dalam tantangan.

Konsep merdeka belajar ini bergerak perlahan tapi pasti, yaa kita tunggu saja apa hasil dari ini, saya apresiatif terhadap gagasan Mas Menteri Nadiem semoga tidak ada yang sia-sia atas perjuangan ini, meramu konsep pendidikan bukanlah seperti sulap hanya dengan SIMSALABIM semuanya langsung jadi, Akan tetapi konsep pendidikan itu harus tertanam dengan baik, seperti halnya kita menanam pohon yang suatu saat kita akan memetik hasil jika kita mampu merawat dan memelihara pohon itu dengan baik.

Semoga HARDIKNAS ini menjadi refleksi dan pemantik bagi kita semua untuk memajukan pendidikan secara merata di semua pelosok negeri, Indonesia harus berposisi sejajar dengan negara maju lainnya. Mari lahirkan Ki Hajar Dewantara dimasa depan, seperti petuah beliau yang di sematkan pada kita semua ” Didepan Seorang Pendidik Harus Memberi Teladan atau Contoh Tindakan Yang Baik..Ditengah Atau Diantara Murid, Guru Harus Menciptakan Prakarsa dan Ide..Dari Belakang Seorang Guru Harus Memberikan Dorongan dan Arahan ” Semoga petuah ini selalu mengalir dan menjadi spirit bagi semua anak bangsa. Dari Timur KITA Memajukan Pendidikan

Oleh: Muhammad Saeful, S.Pd.,M.Pd
Dosen PGSD Unismuh Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *